Kebenaran Akan Selalu Berkilau?

Kenyataannya, Tugas Akhir (TA) tidak hanya berhasil meluluskan dia dari universitas dengan gelar cum laude. Ada begitu banyak daftar pelajaran yang sangat membekas. Tetapi the A list-nya adalah, setiap pertanyaan atau prediksi memang harus dihadapkan dengan sebuah kenyataan. Alhasil, sebuah jawaban atau kesimpulan akan muncul. Konsep ini sebenarnya sudah dikembangkan dalam masa kecilnya. Hanya saja dia lebih mempercayai intuisi sebagai seorang ‘anak’, ketimbang menggunakan teori yang relevan. Akan tetapi sebuah penemuan akhir dari kesimpulan akan selalu berakhir dengan pertanyaan ‘inikah kebenaran?’.

IMG_2418

‘Kebenaran’ merupakan pedang yang dicari bagi pangeran kecil seperti dia. Hanya saja senjata yang dia selempangkan selalu berhadapan dengan keraguan yang berasal dari dalam dirinya. Seakan-akan pedang yang dia genggam membutukan sarung kebenaran yang lain untuk menutupinya agar selalu suci. Sebaliknya, dia beranggapan bahwa pedang miliknya hanya perlu diasah agar kilauan kebenaran selalu bersinar.

Ketika kebenaran tumbang, hal ini akan menjadi sama dengan patahnya sebuah pedang, sekuat apapun. Gambaran itu juga berlaku sama dengan teori. Banyak gagasan dan konsep yang berfungsi memperbaiki teori terdahulu, hingga sebuah teori dinyatakan tidak valid lagi. Akan tetapi, hal ini sangat berbeda dengan pedang yang dia miliki. Pedang itu tidak patah bahkan bentuknya masih asli. Letak perbedaannya terlihat pada karat-karat yang menutupi seluruh bagian pedang.

Semua orang akan melihat pedang miliknya layaknya kebenaran yang lemah. Kebenaran yang tidak mempunyai ‘daya benar’ yang tinggi lebih tepatnya. Dia memang tidak pernah menggunakan pedangnya untuk menebas kebenaran lain. Dia hanya menyakininya bahwa pedang miliknya merupakan kebenaran yang memang ‘benar’. Dia hanya mempertahannya apa yang diyakini. Apakah dia masih menggunakan pedang yang karatan itu ketika tumbuh dewasa? Bukahnkah dia harus mengganti pedangnya yang sesuai dengan ukuran lengannya?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s