Sekelebat Potret Keluarga Backpaker

Tidak ada kursi tersisa lagi. Banyak penumpang menyesaki bagian tengah bus. Dia menambah keadaan makin sempit. Dia menyusup ke bagian yang paling dekat jendela. Area ini seharusnya digunakan untuk orang difabel. Akan tetapi hal ini darurat.

Dalam keadaan sesak, dia masih sempat meneruskan novelnya.

Ada hal yang mengalihkan perhatiannya dari halaman buku yang dibawanya. Dia melihat satu keluarga yang sedang backpacking ke Jogja. Dua anak lengkap dengan orangtuanya. Ransel yang begitu berat kemudian celana pendek yang dikenakan keluarga menunjukkan kekokampakan keluarga ini. Dia hanya bisa mengamati disela halaman buku yang dia baca.

“Ma,” anak kecil ini mencoba mencari ibunya ditengah kerumuman orang dalam bus. Sang kakak mencoba menenangkannya.

“Kamu pegangan ayah aja,”

Sungguh kalimat yang menunjukkan kasih sayang seorang kakak. Dengan cepatnya, sang adik langsung tunduk kemudian bergelendotan ke tubuh ayahnya.

Hari ini merupakan long weekend karena libur Paskah. Dia terpaksa masuk karena peraturan kantor memang seperti itu. Lagian, libur panjang tidak ada artinya. Dia memang tidak sedang merencakan sebuah liburan. Melihat potret keluarga ini saja sudah menjadi hiburan tersendiri baginya.

Yang tidak luput dari perhatian matanya adalah sepatu yang dikenakan keluarga ini, Nike. Itulah yang dicoba terjemahkan lewat indra penghlihatannya. Brand ini sangat membekas baginya. Mungkin karena Just Do It yang tersemat dalam Nike menyentuhnya.

Dia tidak mencoba menyapa keluarga ini. Ya, kondisi seperti ini tidak memungkinkan untuk memulai sebuah interaksi. Dia hanya fokus dengan adegan drama dalam novelnya. Jika memang dia berniat mengobrol, dia tidak punya daftar pertanyaan.

Akan tetapi, kenapa keluarga ini berasa istimewa bagi dirinya?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s