Topik Pagi Ini

Semuanya berawal dari novelnya Ika Natassa. Dia sangat penasaran tidur di kantor itu seperti apa. Apalagi kalau lokasi kantornya di lantai 38 Menara BCA. Kini, dia bisa merasakan pengalaman tersebut. Ketika shift malam, dia sering menginap di kantor.

Berbeda untuk hari ini, dia dan teman kantornya sengaja membuat janji untuk olahraga, hanya bertiga. Hanya memutari jalan dekat kantor saja. Agak susah menemukan spot untuk olahraga di sekitar kantor. Kalau memang harus ke Mandala Krida, ini sangat kejauhan. Lagian dia juga masuk pagi, jadi tidak mungkin dilakukan.

Mereka jalan sambil berdiskusi tentang hotel yang berada di pinggir jalan. Entah kenapa topik ini pas dengan film dokumenter berjudul Belakang Hotel yang ditonton pas bangun tidur pagi ini. Memang banyak deretan hotel-hotel kecil di jalan menuju kantor. Yang menarik baginya adalah hotel Dewa Ruci, seolah-olah hotel itu ditujukan kepada Rufi, tokoh kartun yang dulu dia tonton saat kecil. Topik tentang bisni perhotelan ini segera berlalu.

Pergantian topik ini diawali ketika mereka mendengar percakapan seorang ibu yang naik motor bersama anaknya. Sang pengendara seakan-akan sedang menasehati anaknya dengan nada islami. Salah satu dari mereka langsung menceritakan fenomena mendidik anak. Pria yang sudah berkeluarga ini melayangkan banyak kisah tetnang orangtua dalam mendidik anaknya tanpa pemberian tauladan.

Dia hanya bisa menyimak dan tidak berkomentar. Dia tidak mumpuni untuk memberikan topik tentang keluarga.

Dia hanya mencoba mengalihkan topik ini dengan headphone-nya. Alat ini tidak dipakai di telingannya, akan tetapi volumenya memang sengaja ditinggikan. Sama saja dia juga bisa mendengar lagu di dalamnya.

Dalam hati dia hanya berkomentar:

“susah ya menjadi seorang bapak.”

Apalagi jika anaknya seperti dia, banyak menuntut. Meraka melanjutkan acara olahraganya hingga sampai gerbang kantor. Diskusi selesai.

Selamat pagi ayah yang di rumah! 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s