Terima kasih Pak Satpam!

Banyak hal yang belum diapresiasi olehnya dalam kehidupan ini. Salah satunya adalah keberagaman profesi seseorang. Bentuk penghargaan tidak selalu berhubungan dengan uang. Menurutnya ucapakan “terima kasih” dan senyuman juga bisa masuk dalam kategori ini.

Wajar saja jika dia mengucapkan terima kasih kepada sopir angkot yang berkalung handuk karena telah mengantarnya ke sekolah setiap hari. Berkat pekerjaannya, dia bisa menimba ilmu tanpa harus berkeringat. Selain itu, dia juga sering mengucapkan kata-kata yang sama dengan ibu kantin di sekolahnya. Hal itu sudah bertahun-tahun berlalu.

Dia tidak sadar siapa yang sering membantu menyebrang jalan untuk masuk gerbang kampusnya. Akhirnya dia menyadari di suatu pagi.

Obrolan pegawai Trans Jogja-lah yang membuatnya ingat.

“Disini gantiin si Tantri, dia nganterin sekolah anaknya, dulu,” Perempuan berbaju hijau ini menceritakan teman kantornya bernama Tantri yang sama-sama sebagai asisten supir untuk armada bus. Suaminya Tantri juga bekerja dalam kantor yang sama, hanya saja dia merupakan seorang sopir.

Saat percakapan berlangung, matanya mengarah ke kedua security yang berseragam rapi di depan gerbang kampus. Posisi halte memang pas di pintu utama kampusnya seberang jalan.

Dia seperti merasa bersalah. Saat menyeberang dari gerbang utama ke halte ini, dia hanya lewat saja. Padahal security itulah yang mengatur laju kendaraan agar dia bisa menyebarang tanpa dia sadari.

Setelah mendengar percakapan itu, dia membayangkan seorang istri dari satpam tersebut. Berarti sang istrinyalah yang harus mengantarkan anaknya ke sekolah karena sang suami harus berjaga pagi. Itulah analogi yang muncul dalam pikirannya setelah mencerna perbincangan pegawai Trans Jogja.

Dia mengerti bahwa ini sebuah konsekuensi pekerjaan. Tapi dalam hatinya dia tetap saja bersalah. Dia menyeberang tanpa berterima kasih. Bahkan dia jarang juga memberikan senyuman.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s