Rule or what?

If this is not a rule, I take it as a consideration.

I think I have good listening skill.

Dalam workplace, bagi dia sebuah sistem sangatlah penting. Hal ini demi kelancaran komunikasi dan efisiensi kerja. Entah dia yang masih baru, atau rekan kerjanya yang terlu bikin gonjang-ganjing. Seringkali terjadi pelimpahan tugas yang tidak sesuai dengan kesepakan awal. Hal ini juga diikuti dengan ketidak selarasan lainnya.

Pertama, perusahannya menuntun yang penting ‘komunikasi’. Ketika dia dan rekannya telah melakukan prosedur ‘komunikasi’, ternyata masih ada juga yang salah memahami. Dramapun tidak terelakkan.

Kedua, dia dan rekannya juga dituntut untuk terbuka dengan permasalahan yang ada. Kenyataannya, ketika masalah dipaparkan dalam agenda meeting, tidak ada follow up. Bahkan hanya sampai proses listening, bukan lagi problem solving.

Ketiga, bagi dia, terkadang susah membedakan mana lelucon dan mana yang serius. Padahal fenomena ini sering terjadi pada rapat yang bagi dia sangat serius.

Yang terakhir, konflik tidak ditunjukkan secara terbuka. Dia menyadari bahwa ada rekan kantornya yang tidak suka dengan gaya dan perilakunya. Anehnya, dia tahu hal tersebut dari orang lain. Banyak juga yang ‘ngomong di belakang’.

Yang lebih mengherankan lagi adalah proses klarifikasi yang tidak tepat sasaran. Ketika dia dan Mr. X mempunyai masalah, Mr. X tidak menjelaskan langsung kepadanya malah lebih memilih klarifikasi kepada teman satu divisi yang tidak ada hubungannya dengan permasalahan dia dan Mr.X.

Dia hanya berpikir bahwa banyak tuntutan yang ingin dia alami. Seperti maturity dalam kerja misalnya. Atau bagaimana leadership yang ideal. Yang lebih penting adalah management of conflict. Selain itu, bagaimana menghindari ‘drama’ yang berhubungan dengan personal area tetapi malah mencuat di tempat kerja.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s