Event: Sharing Mary

Tidak menyaka dia akan menghadiri acara yang sangat serius. Event seperti ini mengingatkan dia ketika masih kuliah. Ya! Ketika dia harus kritis dan mencoba menganalisis sesuai dengan logikanya. Itulah salah satu tugas dari seorang mahasiswa selain mengejar IP. Akan tetapi itu dulu.

Inilah kali pertama dia berpartisipasi dalam event inter-religions. Acara ini membahas tentang bagaimana Alquran dan Alkitab memandang Maria atau Maryam dari sebuah buku yang berjudul Sharing Mary: Bible and Qur’an Side by Side. Tepatnya event ini lebih menonjolkan bedah buku bukan sebuah seminar atau diskusi.

Tidak lupa untuk selfie dulu di tengah acara.
Tidak lupa untuk selfie dulu di tengah acara.

Ada tiga pembicara yang dihadirkan dalam acara tersebut, dan salah satunya adalah kontributor untuk buku tersebut yang berkewarganegaraan orang Indonesia. Dia menjelaskan bagaimana memaknai Maryam dari sudut pandangnya. Akan tetapi, dia tidak mengungkapkan dengan terang kepada audiens.

Selain itu, banyak audiens yang kecewa karena memang perbedaan ekspekstasi antara kenyataan. Banyak dari mereka yang menginginkan bedah buku ini lebih fokus membahas tentang Mary dalam dua perspektif agama tersebut. Ada juga yang berpendapat bahwa pembahasan Mary harus disesuaikan dengan konteks Indonesia.

IMG_3147

Memang buku tersebut hanya memaparkan Mary dari kedua kepercayaan tersebut dengan sedikit analisis lebih lanjut. Lebih tepatnya, buku tersebut hanya menunjukkan ayat-ayat dari kedua agama tersebut. Hal ini bisa dipahami karena buku ini ditujukan untuk commoners bukan para ahli.

Dia juga menyadari bahwa acara bedah buku ini memang ‘unik’. Hal ini terjadi karena salah satu pembicara (seorang pendeta juga) terlalu detail dengang hal-hal teknis seperti cara pengutipan, cover design, dan cara penulisan lainnya.

Satu hal yang dipelajari dari acara ini adalah bagaimana seseorang mampu ‘melengkapi’ kepercayaannya dengan belajar dari agama lain. Selain itu, tidak ada suasana ‘gengsi’ dan panas saat berdiskusi berlangsung.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s