Catatan 17 Agustus (Edisi KKN)

Seharusnya kini dia sedang berdiri di depan Istana Merdeka untuk live report. Dia membayangkan memegang mic dan tuxedo hitam dengan dasi merahnya. Mungkin kacamata bisa menjadi aksesori agar dia terlihat elegan dan smart.

Tetapi kenyataannya tidak, kini dia sedang di kamar kosannya. Membaca apa yang bisa dibaca. Dia memang masih punya tanggungan untuk membaca buku Jerusalem yang tebalnya minta ampun. Siang itu dia sudah selesai menonton dua film melalui laptonya.

Dua tahun yang lalu, impian itu agak tertutup dengan acara 17 Agustus di tempat KKN. Waktu itu dia menjadi panitianya bersama dengan timnya. Tidak mudah merancang perlombaan. Ditambah lagi waktu itu sedang bulan puasa. Belum lagi drama dan juga konflik yang terjadi dalam tim. Sungguh rumit dan tidak disangka.

Meskipun begitu, timnya berhasil menumpas semua hambatan. Entah karena memang harus selesai atau memang diselesaikan. Kisruh itu tidak perlu dibahas lagi. Dia bangga karena banyak senyumnya yang bisa dihadirkan dalam perlombaan 17 Agustus.

Lomba Bola Voli untuk para ibu-ibu antar RT
Lomba Bola Voli untuk para ibu-ibu antar RT

Permainan yang membuat deg-degan dan gemes. Inilah Bola Terong yang dilakukan oleh ibu-ibu RT.

'Bola Terong' yang membuat gemes para penontonnya.
‘Bola Terong’ yang membuat gemes para penontonnya.

Kehadiran Egrang dalam lomba ini memberikan kesan nostalgia anak 90an. Meskipun begitu, ternyata banyak yang bisa memainkannya. Demi Egrang ini, tim harus menebang bambu sendiri.

Para anak-anak sedang memainkan Egrang
Para anak-anak sedang memainkan Egrang

Meskipun puasa, mereka tetap semangat untuk melompat. Itulah perjuangan di bawah teriknya sinar matahari. Tidak tahu apakah habis lomba ini mereka mencari es teh atau air lainnya.

Lomba Balap Karung untuk kelompok putri
Lomba Balap Karung untuk kelompok putri

Sungguh lucu memang muka anak-anak yang mengikuti lomba ini. Banyak tawa yang berlimpah saat lomba pecah air ini berlangsung. Butuh perjuangan untuk mengisi air ke dalam plastik dan membungkusnya.

Lomba pecah air di tengan-tengah panasnya sinar matahari
Lomba pecah air di tengan-tengah panasnya sinar matahari

Saking semangatnya, para anak-anak saling beradu pendapat saat permainan tengah berjalan. Bahkan banyak juga yang tidak mau kalah dengan pendapat orang lain demi kemangan timnya. Enerji anak-anak memang selalu meluap-luap karena antusiasnya yang tinggi.

Keributan penjurian dalam permainan Gobag Sodor.
Keributan penjurian dalam permainan Gobag Sodor.

Apa kabar dengan impian itu?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s