“Jika tidak bertanya, ya kita akan tersesat” – Abang Gojek

Hampir delapan jam, dia merasakan dinginnya suhu kereta. Bahkan otaknya juga beku karena asing dengan daerah yang dilewati transportasi ular ini.  Meskipun begitu, banyak tempat beraksen Sunda yang menghiasi perjalanannya. Dia menyadari ini dengan melihat nama stasiun-stasiun yang dilewatinya.

Setelah bosan dan lelah tidur di kursi bisnisnya, akhirnya dia menginjakkan kakinya di Stasiun Pasar Senen. Pengap dan tidak terlalu ramai, itulah hal yang dirasakan oleh tubuhnya. Meski tubuhnya mulai lengket, dia sudah siap untuk berkunjung ke Rumah Inspirasi.

Dari Jogja, dia sudah berniat untuk bersahabat dengan Go-Jek selagi di Jakarta. Tanpa buang waktu, dia langsung order lewat smartphonenya. Dalam hitungan detik, the driver called him. Untuk menemuinya, dia harus keluar dari area stasiun.

Dia  beranggapan abangnya sudah tahu dengan lika-liku jalanan ibu kota. Kenyataannya? Tidak sama sekali. Bahkan dia harus mengaktifkan Google Map untuk memberikan arahan. Karena sibuk dengan smartphonenya, dia tidak sempat melihat Lantai Delapan, kantor radio favoritnya.

Untuk menujuh Galuh, alamat Rumah Inspirasi, abangnya sering bertanya dengan banyak orang, mulai dari satpam, teman sesama driver Go-Jek, pedagang kaki lima, bahkan ibu-ibu kompleks. Dia tidak menghitung lagi berapa orang yang ditanyai dengan pertanyaan yang sama.

“Maaf Bang, saya mah anak Jakarta Pusat, jadi kalo daerah Jakarta Selatan kurang tahu,” tutur pria Jawa dengan logat ibu kota. Dia hanya mengangguk sebagai tanda setuju. Kenyataannya memang begitu, apa yang ada di Google Map ternyata tidak sama dengan apa yang dilihat di jalanan.

“Yang penting kalau tidak tahu ya nanya aja, kalau tidak ya akan tersesat,” imbuh abangnya. Kemudian dilanjutkan dengan episode hidupnya sebagai ojek pangkalan yang mempunyai pelanggan tetap.

Dalam hatinya, dia memang setuju dengan apa yang diucapkan oleh supir ojek tersebut. Memang dalam hidup ini, jika tidak tahu sebaiknya bertanya. “A courage to ask,” ucapnya dalam hati.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s