Jurnalisme Investigasi

Bagi dia yang amatir di bidang jurnalistik, buku ini sangat membantu. Apalagi, dia jarang sekali membaca buku yang temanya senada. Setidaknya, karya Dhandy ini memberikan gambaran bagimana sebuah teori dipraktikkan di lapangan.
Di bagian awal, sang penulis menyingung secara sederhana apa sebenarnya jurnalisme investigasi itu sendiri. Tidak berbelit-belit, Dhandy juga menyebutkan elemen apa saja  yang  membedakan jurnalisme investigasi dibandingakn reportasi lain baik dalam proses maupun output. Inilah yang membuat buku ini semakin menarik dibaca.

Picture

Secara umum, penulis juga mengulas bagaimana teknik ini dilakukan untuk berbagai media mulai dari cetak, radio, televisi hingga internet. Dia juga menjelaskan bahwa setiap media memerlukan proses yang berbeda baik dalam olah data hingga output liputan dalam jurnalisme investigasi.

Yang spesial dari buku ini adalah penulis menyertakan studi kasus yang sudah pernah dilakukan. Pembaca akan melihat bagaimana etika jurnalisme dijalankan saat di lapangan. Selain itu, beberapa trik khusus dalam penyamaran untuk keperluan investigasi juga dijelaskan secara gamplang. Bagi jurnalis muda buku ini sangat membantu bagaimana bernegosiasi dengan narasumber atau proses pemerolehan data.

Di sisi lain, buku ini juga menunjukkan bagaimana attitude wartawan bermain sangat penting ketika seseorang mulai melakukan proses jurnalisme investigasi. Soal keuletan, kerja sama tim, management risiko, dan hal non-teknis banyak dideskripsikan dalam buku ini. Tentu saja ini memberikan image yang berbeda tentang peliputan invesigasi yang selama ini berkembang di Indonesia.

Ditulis pada 27 Desember 2016
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s