Lion: Film India Yang Hampir Nggak ada Tariannya

Tidak ada niatan untuk nonton film yang satu ini. Sabtu malam itu, dia hanya dinner bersama temannya. Saat tengah meneguk mojito kiwinya, temannya bilang Lion tayang pada midnight show. Tanpa basa-basi, mereka meluncur ke gedung bioskop.

Dia hanya bisa diam melihat film berbau Bollywood yang satu ini. Dia mencoba menghafal nama crew yang berbau India. Tetap saja dia tidak bisa menghafalnya. Sebenarnya, dia mencari cela agar rasa kenyangnya hilang.

Di bagian awal, film ini mengingatkan tentang Slumdog Millionaire dengan potret kemiskinan India yang mirip dengan Indonesia.

Yang patut diapresiasi di film ini adalah sang sutrada mampu meracik bagaimana scene dalam kereta menjadi tidak membosankan. Tahu sendiri kan, menonton gerbong lewat itu sama bosannya duduk berjam-jam di kereta Argolawu.

Di sisi lain, menonton film ini sebenarnya menguras emosi. Ditambah lagi, film ini berdasarkan kisah nyata. Banyak adegan yang menyentil hatinya. Akan tetapi dia selamat karena tidak ada satupun air mata yang jatuh.

Susah memang mendiskripsikan film Lion ini. Entah kenapa produk hiburan yang satu ini begitu membius. Apalagi aktingnya Saroo kecil yang dimainkan oleh non-profesional aktor. Kebayang dong, gimana kondisi dapur syuting kala itu?

Belum lagi, potret kehidupan anak adopsi yang jarang dirasakan oleh banyak orang. Sungguh ini juga menguras perasaan.

Secara sinematografi, film ini sebenarnya standar saja. Akan tetapi, banyak dialog yang begitu menyentuh hingga menjadikan hanyut. Meski drama, banyak lelucon yang begitu natural, yang membuat film ini seolah-olah memang menceritakan keadaan aslinya.

Yang paling penting, di film ini sang pemain utama hampir menari, akan tetapi untung tidak lama. Tidak seperti film Bollywood biasanya.

Advertisements

3 thoughts on “Lion: Film India Yang Hampir Nggak ada Tariannya

      1. Gils, dia bukan masinis. Calon kakak ipar (gagal) yang masinis. Dia engineer. Tapi udah mau nikah #yaaaak gue curhat disini gak dibaca juga hahaha

        Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s