Review: Beauty and The Beast

Baginya, yang dicari saat menonton film Disney adalah moral cerita. Nasehat yang begitu ringan tapi mengena. Apalagi disampaikan secara langsung layaknya cerita nusantara. Terkadang hal seperti ini dibutuhkan oleh orang dewasa sepertinya. Ditambah lagi, banyak seni yang harus diterjemahkan dengan banyak asumsi dan persepsi.

Lalu apa istimewanya Beauty and The Beast yang sebenarnya adaptasi dari versi kartunnya? Baginya sendiri adalah soal Emma Watson. Dia pikir banyak hal tentang feminisme yang akan diperlihatkan lewat film ini. Nyatanya tidak. Lalu apa yang dia dapat?

mv5bmtuwnjuxmtm4nv5bml5banbnxkftztgwodexmdqzmti-_v1_sy1000_cr006741000_al_

Bagian istimewa saat melihat film ini adalah soal karakter dari pemainnya. Dia seolah-olah melihat dirinya sendiri. Intinya, menonton film ini bagaikan refklesi di gedung bioskop. Sikap arogan Beast dan kutu buku Belle yang kemudian dianggap aneh oleh societynya itu adalah ceriman dirinya. Apalagi soal rasa gengsi dan emosinya si Beast, juara banget menyentil hatinya.

Pelajarannya adalah, tinggal pilih berubah atau tidak. Ini memang terkesan personal untuk membahas moral ceritanya. Akan tetapi, memang bagian inilah yang mengena perasaannya.

Bonusnya, menyaksikan film ini seperti menikmati konser. Bagian singingnya terlalu berlebihan. Mungkin, film ini berakar dari Perancis. Wajar saja bagian nyanyinya mirip dengan Les Miserables. Dari make up juga kesan Parisnya kentara. Sayangnya, beberapa karakter aksen Perancisnya tidak begitu menggema. Untuk plotnya sendiri sebenarnya bisa ditebak sejak dari awal.

Selesai nonton film ini, dia juga mempertanyakan bagian mana yang promoting LGBT? Apakah beberapa scene dari LeFou dengan Gaston? Atau kemunculan LeFou itu sendiri? Dia sendiri sebenarnya juga kebingungan. Maklum dia sempat bertanya-tanya hal ini karena Malaysia mensensor dengan mengurangi durasi hingga 4,5 menit. Ya, mungkin dia terlalu fokus dengan Emma Watson yang secara akting masih mirip Hermione.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s